Spread the love

Sekolah kedinasan memang menjadi pilihan pendidikan bagi siswa SMA atau yang sederajat bahkan orang tua. Sebab sekolah kedinasan ada di bawah kementerian dan lembaga pemerintahan secara langsung jadi menawarkan ikatan dinas untuk lulusannya. Sehingga setelah lulus sekolah kedinasan nantinya akan langsung bekerja atau ditempatkan jadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS.

Itulah sebabnya tes masuk sekolah kedinasan biasanya sulit karena menuntut banyak persyaratan. Setiap lulusan yang sudah memenuhi persyaratan bisa langsung kerja untuk mengabdi kepada negara. Tidak heran banyak orang yang akan menilai tes masuk ke sekolah kedinasan jauh lebih sulit dibandingkan masuk ke perguruan tinggi negeri.

Nah, dengan persiapan yang matang sehingga Anda bisa memiliki peluang untuk lolos masuk sekolah kedinasan yang lebih besar. Salah satu jenis persiapan yang harus dipahami adalah tahu jenis-jenis tes yang akan diikuti oleh peserta yang daftar di sekolah kedinasan. Nah, ada 5 jenis tes kedinasan untuk masuk ke sekolah kedinasan yang paling umum dan penjelasan lebih lengkapnya ada di bawah ini.

5 Jenis Tes Masuk Sekolah Kedinasan

5 jenis tes masuk sekolah kedinasan yang paling umum adalah :

  1. Tes Kemampuan Akademik (TPA)

Salah satu jenis tes masuk sekolah kedinasan yang paling umum adalah Tes Kemampuan Akademik atau TPA. TPA sering juga disebut dengan Tes Potensi Akademik untuk mengukur pengetahuan dan juga pemahaman siswa terkait dengan keilmuan yang diajarkan di sekolahan. Kemampuan akademik tentu saja penting sekali untuk dapat berhasil menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Umumnya di seleksi ujian masuk sekolah kedinasan, tes yang satu ini dipakai untuk mengukur dan juga mengetahui kemampuan seseorang pada bidang akademis dan pengetahuan umum yang lainnya. Nah, dengan cara tes bahasa, numerik atau angka, tes logika sampai tes spasial atau gambar ruang.

  1. Tes Kemampuan Bidang (TKB)

Tes Kemampuan Bidang atau TKB merupakan salah satu tes yang perlu diikuti setelah lolos di tes TKD. Tujuan Tes Kemampuan Bidang atau TKB adalah untuk mengukur kemampuan siswa sesuai dengan bidangnya masing-masing. Jadi materi yang ada di tesnya akan lebih spesifik lagi dibandingkan dengan jenis tes yang lainnya.

Tahapan TKB umumnya adalah menjadi beberapa bagian, yaitu ujian tulis, wawancara, tes psikologi dan juga ujian praktek di bidang-bidang tertentu. Bidang yang akan dites pada TKB sangat bervariasi dan contohnya adalah pendidikan, kesehatan, agama, hukum, asih dan yang lainnya.

  1. Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Tes Kemampuan Dasar atau TKD adalah jenis tes yang terdiri dari 3 poin penilaian. Jika umumnya di TKD SBMPTN terdiri atas ujian Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia namun untuk TKD masuk ke sekolah kedinasan mempunyai beberapa perbedaan. Perbedaannya adalah ada Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK, Tes Intelegensi Umum atau TIU dan juga Tes Karakteristik Pribadi atau TKP.

Seperti di tes SKD CPNS sehingga bagi Anda yang pernah mengikuti seleksi CPNS akan mengenal jenis tes-tes tersebut. Kemudian TKP umumnya akan menilai perilaku yang berkaitan dengan pelayanan publik, sosial budaya, jejaring kerja, teknologi informasi dan komunikasi serta profesionalisme. Tes TWK umumnya untuk menilai penguasaan peserta pada pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, bela negara, integritas, pilar negara dan juga Bahasa Indonesia.

Termasuk juga di dalamnya adalah pengetahuan dan kemampuan peserta untuk mengimplementasikan 4 pilar kebangsaan Indonesia yang mencakup Pancasila, UUD 1945, Bineka Tunggal Ika dan juga semua hal yang berkaitan dengan NKRI.

  1. Tes Kesamaptaan

Umumnya sekolah kedinasan menggunakan sistem semi militer seperti, STSN, IPDN, STIN sehingga tes kesamaptaan adalah salah satu tes yang wajib untuk diikuti oleh semua peserta. Tes ini umumnya berbentuk tes fisik yang diharuskan untuk menguji kemampuan fisik.

Contohnya adalah push up, pull up, berlari, lompat dan lainnya yang sesuai dengan ketentuan yang ada. Pasalnya sekolah kedinasan memang butuh lulusan yang memiliki ketahanan fisik yang cukup baik untuk dapat berkinerja dengan baik juga nantinya.

  1. Tes Kesehatan

Tes kesehatan tentu saja menjadi salah satu tes yang penting sekali untuk menentukan peserta lolos masuk dengan kriteria sehat yang telah ditetapkan oleh sekolah kedinasan yang terkait. Umumnya selama mengikuti tes kesehatan ada beberapa pengecekan yang dilakukan. Contohnya adalah pengecekan darah, rontgen, urine, tensi, buta warna, kesehatan gigi, paru-paru dan sejumlah tes lainnya yang sesuai dengan kebutuhan sekolah kedinasan terkait.

Begitulah 5 macam tes masuk sekolah kedinasan yang wajib diikuti oleh peserta yang wajib Anda perhatikan sebelum mengikuti pendaftaran. Bagi Anda yang ingin mengikuti seleksi masuk sekolah kedinasan harus mempersiapkan diri terutama dalam menghadapi semua tes yang akan dilakukan supaya lolos.