Spread the love

Menjelang pembukaan pendaftaran mahasiswa baru 2022 di STAN Anda harus mencari tahu informasi seputar persyaratannya. Seperti yang kita ketahu bahwa STAN adalah salah satu sekolah kedinasan yang sangat populer di Indonesia. Tidak heran banyak siswa yang ingin masuk ke STAN sebab memiliki prospek kerja yang jauh lebih mudah dan juga jelas.

Apalagi STAN berada di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia sehingga banyak lapangan kerja yang sudah disiapkan untuk lulusannya. Untuk bisa masuk ke STAN cukup sulit sehingga Anda perlu melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya adalah dimulai dengan syarat-syarat daftar STAN 2022 secara lengkap mulai dari kriteria peserta hingga syarat-syarat yang penting.

Semua persyaratan untuk masuk ke STAN harus diperhatikan dengan baik supaya bagi Anda calon peserta bisa masuk STAN. Nah, di bawah ini adalah syarat-syarat daftar masuk STAN 2022 yang terbaru dan terlengkap.

Kriteria Peserta Masuk STAN

Kriteria peserta masuk STAN memiliki kebutuhan yang berbeda-beda setiap program studi dan kriterianya adalah :

  1. Program Reguler

Program reguler yaitu program penerimaan mahasiswa baru STAN di seluruh wilayah Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi atau kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Pemerintah Daerah dan yang lainnya.

  1. Program Afirmasi

Program afirmasi yaitu program penerimaan mahasiswa baru STA yang khusus untuk para putri provinsi Papua, Maluku, Papua Barat, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi atau kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan. Nah, khusus untuk Provinsi Papua dan Papua Barat bisanya berasal dari program Afirmasi Pendidikan Menengah atau ADEM dan juga non ADEM maupun umum.

Syarat-syarat Masuk STAN 2022

Persyaratan masuk STAN 2022 yang terbaru adalah :

  1. Persyaratan Lulus Khusus Peserta PKN STAN

Persyaratan lulus khusus peserta PKN STAN program reguler adalah lulusan tahun 2000 atau sebelumnya maupun calon lulusan 2021 di semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat. Persyaratan lulus khusus peserta program afirmasi adalah calon lulusan tahun 2022 di semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

  1. Persyaratan Nilai

Lulusan tahun 2020 atau sebelumnya mempunyai nilai rata-rata ujian di ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00. Calon lulusan tahun 2021 memiliki nilai rata-rata rapor sekolah dengan komponen pengetahuan 5 semester (mulai semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta untuk semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,000. Kemudian dengan ketentuan saat daftar ulang Anda sudah dinyatakan lulus dan juga memiliki nilai rata-rata ujian di ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

  1. Usia Maksimal Peserta

Syarat usia maksimal peserta adalah pada tanggal 1 September 2021 yaitu 21 tahun. Sehingga Anda yang lahir sebelum tanggal 1 September 2000 tidak diperbolehkan untuk daftar. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2021 yaitu 15 tahun.

  1. Sudah Terdaftar UTBK

Syarat daftar masuk STAN 2022 adalah sudah terdaftar UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT pada tahun 2021.

  1. Minimal Nilai Tes Potensi Skolastik

Peserta memiliki nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK yaitu 600 dan untuk peserta program reguler dan program afirmasi yaitu 400.

  1. Sehat Jasmani dan Rohani

Peserta wajib sehat jasmani dan rohani dan juga terbebas dari ketergantungan napza (narkotika, psikotropika serta zat adiktif lainnya).

  1. Tidak Bertato dan Bertindik

Peserta baik pria atau wanita tidak boleh bertato atau ada bekas tato serta tidak boleh bertindik atau ada bekas tindik di telinga untuk pria maupun pada bagian anggota tubuh lainnya, kecuali karena ketentuan khusus seperti adat dan agama.

  1. Belum Menikah dan Bersedia Tidak Menikah Selama Pendidikan

Peserta belum pernah menikah atau kawin dan bersedia untuk tidak menikah atau kawin selama mengikuti pendidikan di STAN.

  1. Belum Dinyatakan Lulus Seleksi PKN STAN

Peserta belum dinyatakan lulus seleksi di pengumuman kelulusan seleksi penerimaan mahasiswa baru di program PKN STAN di tahun-tahun sebelumnya.

  1. Persyaratan Khusus Program Afirmasi

Persyaratan khusus untuk program afirmasi adalah sudah menyelesaikan Sekolah Dasar atau sederajat, Sekolah Menengah Pertama atau sederajat dan Sekolah Menengah Atas atau sederajat di Provinsi Papua, Maluku, Papua Barat, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur. Memiliki garis keturunan orang tua baik ayah atau ibu asli dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara atau Nusa Tenggara Timur.

Terakhir adalah sudah memperoleh surat rekomendasi dari SMA atau sederajat yang menyatakan Anda adalah dua usulan yang terbaik dari sekolah.

Begitulah penjelasan mengenai syarat-syarat masuk STAN 2022 sehingga bagi Anda yang ingin daftar bisa mempersiapkan diri supaya bisa lolos untuk mengikuti sekolah kedinasan yang paling favorit di Indonesia satu ini.